Gelombang Tinggi, Hujan Tak Menentu

Featured Lingkungan Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Ini prakiraan cuaca di Provinsi Bengkulu saat ini. Menurut BMKG sekarang masih masuk musim pancaroba atau musim peralihan cuaca. Dimana kondisinya gelombang laut cukup tinggi dan intensitas hujan tak menentu.

“Saat ini, kita masih pancaroba, dimana ada angin kencang, kemudian hujan deras yang bisa sewaktu-waktu terjadi pada kita. Dan untuk gelombang air laut, untuk posisi pesisir Sumatera khususnya laut kita itu gelombangnya berkisar 1 sampai 1,5 meter ketinggiannya. Sedangkan untuk di perairan laut samudera hindia barat Sumatera itu ketinggian gelombangnya sekitar 3,5 sampai 5 meter. Dan di perairan kita di Pulau Baai ke Pulau Enggano saat ini sama, ketinggian gelombangnya 3,5 meter sampai 5 meter,” ungkap Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar S.Kom, pada radarbengkuluonline.com Selasa (22/9).

Dijelaskan oleh Anang, untuk kondisi gelombang air laut sendiri saat ini memang cukup ekstrem. Sebab itu pada saat pihak ASDP mau berlayar harus berhati-hati, “Pihak ASDP pasti sudah tahu, karena kita juga sudah pasang alat pemberitahuan dari BMKG sehingga saat akan berangkat kapaal itu bisa lebih berhati-hati dan waspada,” jelasnya.

Sebelumnya kasi data dan informasi BMKG tersebut menerangkan bahwa potensi hujan memang ada sebab saat musim peralihan seperti sekarang, dimana Bengkulu mulai masuk musim penghujan, “Karena ada angin kita siklon tropis Nol yang menuju ke arah Vietnam atau Selatan. Dan prediksi hujan di kita Bengkulu ini ada prakiraan musim, yaitu mulai September dua sampai Oktober dua. Jadi selama waktu itu kita pancaroba dan potensi angin kencang ataupun hujan derasnya tetap ada,” pungkas Anang. (idn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *