Sering Kekeringan, Desa Padang Mumpo Bagun Dua Sumur Umum

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Kepala Desa Padang Mumpo, Hendiar mengatakan pada musim kemarau desanya kesulitan air sehingga dengan hasil musyawarah Desa Padang Mumpo membanbangun dua sumur umum yang besar dengan ukuruan 3×4 Meter persegi.

“Adapun dalam sumur tersebut hanya berkisar 5 meter saja tapi selama musim kemarau. Alhamdulillah airnya tidak pernah kering,yang dibangun di tengah – tengah desa sehingga masyarakat bisa dengan mudah menuju sumur tersebut dan bukan hanya desa kita yang memanfaatkannya termasuk masyarakat Desa Pakit,Desa Aik Umban,” kata Hendiar, Rabu(30/09).

Kalau musim kemarau masyarakat biasanya masyarakat memanfaatkan untuk mengambil air bersih dan kalau ada kegiatan pernikahan masyarakat biasanya menggunakan mesin untuk mengedot air disumur kemudian disalurkan melalui pipa sampai kerumahnya, kalau untuk mandi masyarakat pergi ke aik Manna karena tempatnya terbuka untuk umum.

“Saat ini sebanyak 166 Kepala keluarga(KK) yang ada di Desa Padang Mumpo tidak perlu khawatir lagi pada musim kemarau untuk mendapatkan kebutuhan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari kita sudah mempunyai solusinya,” papar Hendiar

Begitu juga yang diceritakan oleh Sekretaris Desa Padang Mumpo M.Zen,S.Kom bahwa jangankan musim kemarau dengan cuaca pans saja selama satu minggu sumur masyarakat sudah mulai kering dan menyusut.

“Mengapa saya berani mengatakan itu, karena saya sendiri yang mengalami kekeringan air sumur dan harus pergi ke sumur umum untuk mengambil air bersih untuk kebutuhan sehari – hari,” pungkas Zen.(afa)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *