Deputi Kemenko PMK Sebut Bengkulu Rawan Bencana

Featured Lingkungan Pemda Provinsi

RBO, BENGKULU – Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo dalam rakor bersama di Hotel Mercure Kamis (15/10) kemarin meminta agar jajaran Pemerintah Daerah untuk siap menghadapi bencana alam. Menurutnya daerah Provinsi Bengkulu menjadi rawan terhadap banjir karena diprediksi akan mengalami musim la nina yang bersumber dari Laporan BMKG pusat.

“Kita meminta seluruh jajaran Pemda di Provinsi Bengkulu mempersiapkan anggaran untuk menghadapi bencana yang diprediksi terjadi. Karena sudah ada laporan langsung dari BMKG pusat Bengkulu termasuk daerah rawan banjir,” ujarnya kemarin.

Lanjut Dody mengatakan, satgas penanganan bencana juga dapat turun langsung ke lapangan agar mengetahui pemetaan daerah rawan bencana.

“Satgas itu harus turun sampai kepelosok-pelosok bencana supaya masyarakat tau tugas kita,” tambahnya. Ditengah kondisi pandemi ini pemerintah juga tidak harus terfokus dengan penyebaran covid -19 karena permasalahan dihadapi juga sama. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar membentuk sinergitas manajemen penanggulangan bencana pusat dan daerah dalam meningkatkan penanggulangan bencana di wilayah Provinsi Bengkulu.

Terpisah Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto dalam rapat tersebut, meminta adanya sinergiritas bersama antara Pemerintah Daerah. Sedangkan untuk persiapan anggaran bencana akan diusulkan dengan pihak legislatif nantinya.

“Kita sangat mengapresiasi rakor ini, karena dapat mempetakan bencana di Bengkulu. Tentu harus ada sinergi bersama antara pemerintah daerah dalam mengatasi bencana alam yang akan terjadi nantinya,” sampai Gotri. (Bro)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *