Murid SDN 8 Kota Raih Peringkat 6 Nasional

Featured Kota Bengkulu

Dalam  Lomba Kihajar STEM 2020

RBO >>> BENGKULU >>>  Salah satu murid SDN 8 Kota Bengkulu, Muhammad Ilham Yose Pratama, berhasil meraih peringkat 6 Nasional dalam perlombaan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Kihajar STEM), dengan mengolah minuman yang terbuat dari daun Telang dicampur dengan Jeruk Kalamansi khas Provinsi Bengkulu.

“Saya sangat senang sekali dan tidak mengira mendapatkan peringkat ke enam tingkat nasional ini,” kata Muhammad Ilham pada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskannya, untuk ide mengolah jeruk kalamansi tersebut, berawal dari orang tuanya yang bekerja sebagai penyuluh di Dinas Pertanian. Ilham yang hobi bermain bola ini, menyebutkan jika peserta tingkat SD ada 6000 peserta dan dari Kota Bengkulu ada 8 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.Peserta ada 6000an se Nasional dan 8 orang dari Bengkulu.

“Minuman tersebut, mengandung banyak manfaat. Seperti memiliki antioksidan yang tinggi , memiliki PH berkisar 4-10 dan mengandung vitamin C yang tinggi dan cocok untuk meningkatkan imunitas manusia,” tuturnya.

Sementara itu, orangtua Ilham, Desi Anita mengatakan, jika bunga telang ini mudah tumbuh di daerah tropis seperti di Bengkulu. Dan kebetulan budidaya diawal merupakan hasil kunjungan ke Bandung.

“Awalnya kami tidak mengetahui manfaat dan kandungan bunga ini dan ternyata memiliki antioksidan yang tinggi dan PH yang tinggi. Jadi, ketika di mix dengan kalamansi yang merupakan produknya Bengkulu ada perubahan PH. Karena, buah kalamansi masam, maka ada perubahan warna (karena perubahan PH bisa dilihat dari warna) yang menjadi warna Ungu,” terangnya.

Desi juga menjelaskan, bahwa sebenarnya minuman tersebut merupakan hasil riset penyuluh Dinas Pertanian. Ia mencoba mengajar beberapa Usaha Kecil, Menengah (UKM) yang ada di Kota Bengkulu untuk membuat minuman ektrak bunga telang mix dengan kalamansi. Karena pihaknya telah membudidayakan sirup kalamansi.

“Minuman Jeruk Kalamansi mix Bunga Talang ini, awalnya hanya untuk acara-acara kedinasan saja dan belum diproduksi secara besar-besaran. Namun bagi masyarakat yang mau memesan minuman tersebut bisa langsung memesannya di UKM di Pasar Baru,” tutupnya. (ach)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *