DD Tidak Cukup, BLT-DD Bulan ke 7-9 Ditiadakan di Kecamatan Ipuh

Featured Mukomuko

RBO >>>  IPUH >>>  Sebanyak 16 desa di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, sudah tidak mampu melanjutkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahap 3 bulan ke 7, 8 dan 9. Hal tersebut lantaran kondisi anggaran DD tahap 3 tahun 2020, sudah tidak mencukupi untuk melanjutkan BLT-DD. Kebijakan penghentian penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan 9 diserahkan ke masing-masing desa. Yang disepakati dalam Musyawarah Desa (Musdes) dengan melibatkan BPD, tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat lainnya. Dan keputusan Musdes tersebut juga harus dituangkan dalam berita acara untuk pertanggung jawaban secara administrasi.

Camat Ipuh, Sepradanur, S.Sos saat dikonfirmasi mengatakan, kelanjutan penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan bulan ke 9 diserahkan ke masing-masing. Pihaknya dari Kecamatan menginstruksikan masing-masing desa untuk duduk bersama dengan perwakilan masyarakatnya melaksanakan Musdes, mencari kata mufakat terkait dengan kelanjutan penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan bulan ke 9.

“Kalau ada Desa yang mampu melanjutkan penyaluran BLT-DD, silakan. Kebijakan sepenuhnya kita serahkan dengan masing-masing desa. Namun, untuk mengihindari adanya polemik di tengah masyarakat, masing-masing desa harus melaksanakan Musdesus terkait dengan penghentian penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan 9 ini,” terang Camat.

Kepala Desa (Kades) Tirta Mulya, Sumadiyana, S.Pd mengatakan, sesuai dengan kesepakatan yang dilahirkan dan Musedesus dengan melibatkan BPD dan perwakilan masyarakat. Disepakati penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan bulan ke 9 di Desa Tirta Mulya ditiadakan. “Sesuai dengan hasil Musdes Desa Tirta Mulya, penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan 9 ditidakan. Dan kesepakatan tersebut sudah dituangkan dalam berita acara sesuai dengan hasil Musdesus,” terang Sumadiyana.

Sementara itu, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Ali Syahbana saat dikonfirmasi radarbengkuluonline.com  mengatakan, kebijakan melanjutkan dan tidak dilanjutkan penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan bulan ke 9 ini diserahkan ke masing-masing desa. Kalau masih ada desa yang kondisi keuangan DD tahap 3 masih mampu melanjutkan penyaluran BLT-DD tidak ada masalah.

“Tapi sesuai dengan laporan yang saya terima, dan hasil Musdes masing-masing desa, 16 desa di Kecamatan Ipuh ini tidak ada yang sanggup melanjutkan penyaluran BLT-DD bulan ke 7, 8 dan bulan ke 9. Karena rata-rata kondisi keuangan yang bersumber dari DD memang sudah tidak mencukupi lagi,” demikian tambah Ali.(ide)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *