Hadapi Virus Corona, MIN 1 Benteng Racik Handsanitizer

Bengkulu Tengah

BENTENG – Ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19 sekarang ini, masyarakat diminta untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan.
Masyarakat dituntut pula harus kreatif dan berhemat. Seperti yang dilakukan oleh keluarga besar Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) 1 Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng-red) ini, mereka ajarkan siswa membuat Handsanitizer hasil racikan sendiri dari olahan daun sirih. Seperti diketahui, daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir virus corona.

Sementara itu, Kepala MIN 1 Kabupaten Benteng Emiyati,M.Pd menjelaskan bahwa saat ini semakin menyebarnya pandemi virus corona atau covid-19 di tanah air, mengakibatkan masker, handsanitizer, dan alkohol sulit untuk dicari.

“Ketiga barang ini paling efektif untuk meminimalisir penularan virus Corona,” terangnya, kemarin (16/10).

Melihat fakta itu, lanjut Emi, MIN 1 Kabupaten Benteng melalui guru dan siswa saling berkolaborasi dalam rangka pembuatan Hand Sanitizer tersebut. Dengan pembuatan dan bahan-bahannya pun sangat mudah dijumpai. Siswa hanya membutuhkan daun siri secukupnya, air bersih secukupnya, baskom, botol, dan panci untuk membuat racikan handsanitizer.

“Cara pembuatan Handsanitizer ini pertama ambil daun siri secukupnya lalu potong kasar kecil-kecil. Lalu masukkan potongan siri tadi ke dalam wadah yang sudah disiapkan,” tegasnya.

Selanjutnya, sambung Emiyati, rebus hingga mendidih sekitar 30 menit.
“Setelah airnya dingin masukkan ke dalam botol yang sudah disiapkan oleh siswa. Handsanitizer murah meriah sudah bisa digunakan untuk menghalau virus Corona,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Benteng mengapresiasi inovasi pembuatan handsanitizer yang telah dilakukan oleh MIN 1 Kabupaten Benteng.

Pasalnya, handsanitizer saat ini dibutuhkan untuk menangkal virus Corona.

Dijelaskan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Benteng H.Sipuan,S.Ag melalui Kasubbag TU Kantor Kemenag Kabupaten Benteng Dr.Rusman Saleh,M.Pd, kantor Kemenag Benteng juga dalam mengantisipasi pandemi virus Corona ini telah memberikan himbauan dan sosialisasi kepada pihak Madrasah dan KUA agar tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, rajin mencuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas dan selalu jaga jarak minimal 1 meter.

“Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19, Kemenag Benteng telah membagikan paket alat kesehatan berupa masker, vitamin, dan Handsanitizer kepada seluruh pegawai Kemenag Benteng,” jelasnya. (ags).

Berita ditulis oleh: AGUSTIAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *