Hari Santri Membawa Berkah

Featured Pendidikan Sosial & Budaya

Ini Pesan Kakanwil Drs H Zahdi taher, M.HI

RBO, BENGKULU – Peringatan Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Tahun ini dipusatkan di Kabupaten Kaur dengan tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat” Upacara digelar di Pondok Pesantren Eka Nurza Kaur.

Menurut Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Zahdi Taher, M.SI melalui Kasubbag Umum dan Humas, H. Irmaidi, S.Sos peringatan Hari Santri ini diperingati dengan pelaksanaan upacara bendera. Bertindak sebagai Inspektur Upacara langsung dipimpin oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Hadir dalam acara tersebut PLT Bupati Hj. Yulis Suti Sutri, Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) Kabupaten Kaur, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota se-Provinsi Bengkulu, para pimpinan pondok pesantren dan santriwan/wati Ponpes Eka Nurza.

Dalam amanat Menteri Agama (Menag) RI, Fachur Razi yang dibacakan langsung oleh Kakanwil Kemenag Bengkulu, Menag mengajak kepada para santri untuk ikut mencegah penyebaran virus Covid 19. Dengan penerapan pola hidup sehat dan disiplin menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

“Kita semua sadar bahwa pesantren sebagai entitas yang rentan akan persebaran Covid 19. Keseharian dan pola komunikasi para santri yang biasa tidak berjarak satu dengan yang lainnya adalah model komunikasi islami, unik dan khas. Namun juga rentan akan penyebaran virus. Namun modal utama pencegahan penyebaran virus ini adalah kedisiplinan yang selama ini diajarkan kepada para santri, keteladanan dan kehati-hatian Kiyai dan pimpinan Pondok Pesantren, karena mereka tetap akan mengutamakan keselamatan santrinya dibandingkan dengan yang lain,” sampai Kakanwil.

Acara yang sempat diguyur hujan tetap berlangsung khidmat dan lancar. Selain membacakan amanat, Kakanwil berpesan kepada seluruh santri agar terus semangat menimba Ilmu di Pondok Pesantren, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan lainnya. Ilmu Pengetahuan tersebut sambung Kakanwil nantinya akan mengantarkan para santri ke masa depan yang lebih cemerlang.

Dipenghujung acara upacara juga diserahkan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs.H. Zahdi Taher,M. HI bantuan penanganan Covid 19 sebesar Rp 25 juta kepada Pondok Pesantren Eka Nurza. Bantuan masing-masing 10 juta rupiah untuk TPQ dan MDA se-Kabupaten Kaur, serta bantuan quota bagi guru dan siswa madrasah kabupaten Kaur yang merupakan kerjasama Kementerian Agama dan PT. Axix Axiata untuk kelancaran belajar online selama pandemi berlangsung. (Ae-4/rls)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *