SMKN 2 BU Ditetapkan Jadi SMK Center Of Excellence

Bengkulu Utara Featured

RBO, ARGA MAKMUR – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Bengkulu utara (SMKN 2 BU) yang saat ini di pimpin Kepala Sekolahnya Firdaus, M Pd melakukan workshop dan sosialisasi pembelajaran dan penyusunan draf dokumen pembelajaran SMK Center Of Cxcellence (CEO).
Acara yang digelar Kamis (22/10) menghadirkan langsung Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat, M.Pd serta Narasumber dari perwakilan Kemendikbud yang menjabat sebagai pembimbing SMK, Bakti Gunawan, S.Pd. M.Pd.

Program SMK center of excellence (CEO) atau SMK unggulan ini sendiri di Provinsi Bengkulu hanya diselenggarkan di 3 sekolah. Bahkan sangat membanggakan salah satunya adalah SMKN 2 BU yang ditetapkan sebagai SMK center of excellence dengan penyelarasan kurikulum dan bahan ajar, pengembangan budaya kerja industri dunia usaha dan dunia kerja hingga pembelajaran sistem, project based learning. Khususnya dalam jurusan permesinan yakni teknik kendaraan ringan (TKR).

Kepala SMKN 2 BU Firdaus, M.Pd menyampaikan tak hanya menfokuskan jurusan teknik kendaraan ringan. Pihaknya juga berupaya meningkatan mutu dan fasilitas jurusan lainnya yakni teknik pengelasan, teknik instalasi tenaga listrik, teknik informatika, teknik civil dan teknik otomotif yang saat ini menjadi adalan dan rujukan para siswa untuk belajar serta mengasah kemampuannya.

Bahkan peningkatan tersebut juga dilakukan terhadap SDM para tenaga pendidik untuk membentuk karakter siswa- siswi terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Sehingga menjadi SMKN 2 BU akan menjadi penggerak yang mampu mendemonstrasikan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terutama dari kepala sekolah beserta guru di dalamnya. Pusat keunggulan SMK adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan industri dunia usaha dan dunia kerja (Iduka )serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. “Semoga dengan ditetapkannya SMKN 2 BU sebagai SMK Center Of Excellence kedepan kita dapat terus berkembang dan menciptakan siswa yang siap kerja yang mampu bersaing di dunia usaha,” kata Firdaus.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, M.Pd berharap bantuan dari program SMK CEO dari pemerintah tersebut nantinya dapat membuat SMKN 2 BU akan terus berkembang dan maju pesat. Serta mencipatkan tenaga – tenaga kerja yang handal dan mampu bersaing dalam dunia usaha dan industri. “Harapan kita kemajuan SMKN BU ini terus meningkat dan dapat ditiru oleh sekolah lainnya sehingga kedepan dapat menyusul menjadi SMK Center Of Cxcellence (CEO),” singkat Eri Yulian Hidayat, M.Pd. (bri)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *