Identitas Bengkulu dalam Lomba Desain Motif Kain Besurek

Featured Pemda Provinsi Sosial & Budaya

υRBO, BENGKULU – Identitas Provinsi Bengkulu kain Besurek sampai kapanpun akan terus ada dan bertahan.

Kini, identitas Bengkulu motif besurek kian eksis, familiar dan semakin melekat diingatan masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Seni Rupa Bengkulu Romi Roestam saat ditemui di Museum Bengkulu pada Senin (26/10).

Membangun brand image itu, Pemerintah berkolaborasi dengan para seniman untuk mempertahankan dan melestarikan kain besurek ini tanpa batas akhir. Kini motif besutek itu, bukan hanya terdapat pada kain saja, namun semua media bisa bermotif besurek.

“Semisal hari ini, (kemarin 26/10), Upaya kita melestarikannya itu semisal melaksanakan lomba melukis, mendesain motif besurek, lomba menulis sejarah kain besurek. Dari kegiatan ini, secara tidak langsung anak-anak mulai usia TK sampai dengan kalangan profesional mengenal Motif Besurek.
Ya bukan hanya mengenal, namun dari para peserta yang ikut dalam lomba ini mereka akan mengingat, berinovasi, berkreasi. Pengembangan imaginasi yang timbul dari mereka ini akan memperkenalkan Bengkulu secara lebih kuat lagi.
Kita pilih anak usia dini, remaja mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA ini karena merekalah yang akan meneruskan sekaligus melestarikan, ” Kata Romi yang menjadi ketua Juri lomba mendesain motif besurek yang diikuti 52 anak setingkat SMP.

Romi menjelaskan, semisal lomba desain motif besurek ini. Peserta lomba ini bukan hanya sekedar menggambar, lalu memberikan warna saja. Namun lebih rumit. pada lomba ini mereka mendesain langsung motif tersebut akan bisa digunakan di taplak meja. Mendesain dengan pola taplak meja ini bisa juga nantinya berkembang melalui media tenun, anyaman dan arsitektur lain.(ae2)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *