Ayoo… Ikuti Program Replanting Sawit untuk 300 Ha Lahan

Featured Pertanian Seluma

RBO, SELUMA – Kabupaten Seluma setidaknya ada sekitar 300 hektar (Ha) lahan sawit yang diusulkan dalam program peremajaan tanaman atau replanting sawit.
Sementara, Surat Keputusan (SK) penetapan Calon Penerima dan Calon Lahan (CPCL) program peremajaan tanaman atau replanting sawit telah diterbitkan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Seluma.

Plt Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial SP, M.Si menyampaikan saat ini setidaknya ada enam kelompok tani yang tengah mendapatkan penyegaran lahan sawit melalui program replanting tersebut. “Enam kelompok program replanting masih berjalan, dan ada sekitar empat kelompok lainnya yang masih dalam tahap verifikasi berkas,” ujar Plt Kepala Distan Kabupaten Seluma, Arian Sosial SP MSi, Selasa (27/10).

Menurutnya, dalam setiap hektarnya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 30 juta yang akan langsung diberikan kepada para kelompok tani melalui rekening. Bantuan itu sendiri dipergunakan untuk biaya penebangan, pembersihan, gali lobang, bibit unggulan dan pupuk. Saat ini program tersebut sudah mulai berjalan prosesnya. “Program replanting untuk 6 kelompok sudah berjalan. Satu hektarenya dapat Rp 30 juta” sampainya.

Arian juga mengatakan, pihaknya sendiri hingga saat ini masih menunggu pengusulan dari kelompok lainnya. Mengingat masih ada sekitar 4 kelompok tani lainnya yang dalam proses administrasi sebagai calon penerima bantuan. Sistemnya sendiri tidak tahun tunggal sehingga bisa diusulkan pada tahun ini dan diproses pada tahun berikutnya.

“Kita terus menunggu apabila ada pengusul baru, Sekarang ada sekitar 4 kelompok lagi yang masih dalam proses,” ujarnya.

Arian juga mengharapkan kepada masyarakat yang mempunyai kebun sawit kurang produktif lagi dapat mengusulkan sebagai calon penerima bantuan ini.
Mengingat Kabupaten Seluma sendiri merupakan kawasan penghasil sawit. Dimana salah satu syaratnya sendiri adalah dengan membuat kelompok bukan perseorangan. Sehingga apabila ada masyarakat yan kesulitan dalam biaya peremajaan sawitnya bisa mengusulkan ke Distan Seluma. (One)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.