Bengkulu Raih Peringkat 6 Terbaik di Festival Kampung Dongeng 2020

Featured Sosial & Budaya

RBO >>>  BENGKULU >>>  Provinsi Bengkulu patut berbangga hati. Pasalnya, dari 60 peserta se-Indonesia yang mengikuti festival kampung dongeng tahun 2020 kerjasama antara kampung dongeng Indonesia dan Kemendikbud RI bidang Kebudayaan dengan Tema yang diusung ‘melestarikan dongeng sebagai budaya lisan untuk menyampaikan nilai-nilai kebudayaan kebijaksanaan’ ada meraih prestasi.Bengkulu masuk 6 besar nasional.

“Untuk Provinsi Bengkulu diikuti 2 peserta yang mengirimkan video pada lomba tersebut, satu peserta dari Kampung Dongeng Kepahiang yang mengikuti sebagai pengisi acara, dan satu peserta dari Kampung Dongeng Kito Bengkulu. Alhamdulillah, dari 2 peserta yang ikut bersaing dengan 60 peserta lain seluruh Indonesia, saya Madya Putri Utami berhasil mendapat 6 terbaik se-Indonesia,” ujar Madya Putri Utami, M.Pd yang merupakan perwakilan dari Kampung Dongeng Kito Bengkulu, kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Tema yang diangkat oleh Atami– sapaan akrabnya, membuat video tentang budaya dari masyarakat pesisir pantai. Khususnya masyarakat dari pesisir Pasar Bengkulu dan Pantai Malabro yang berjudul Pukek Mendarek. Jadi, dalam video itu menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat mau saling membantu, bekerjasama, gotongroyong ketika perahu sudah mendarat. Para masyarakat ini saling membantu mendorong perahu tersebut sampai ke daratan. “Kemudian, ada keluarga yang sangat senang sekali melihat anggota keluarga yang lain, tiba dari melaut, dan bersama-sama menggangkat ikan di perahu tersebut. Disitulah ada rasa saling tolong menolong, kekeluargaan sangat erat terjalin diantara masyarakat pesisir Bengkulu. Ternyata budaya di Bengkulu selain tabut, masih banyak lagi kebudayaan daerah di lingkungan masyarakat,” terangnya.

Atami juga tidak menyangka, cerita dari Pukek Mendarek ini meraih peringkat 6 terbaik secara Nasional mengharumkan nama Provinsi Bengkulu. Untuk pengambilan videonya, pihaknya dibantu oleh tim pribadi. Ada Yuriska suami dari Atami. Sedangkan untuk pembuatan naskah dibantu oleh Uncu Lihin, Novi Ariansyah dan rekan tim lainnya. Dari segi atribut yang disediakan dalam pembutan video, seperti doll dan lain-lain. “Saya ucapkan terima kasih pada semua pihak yang sudah bekerjasama membantu dalam pembuatan video ini, dan akhirnya meraih peringkat 6 terbaik. Apalagi, ini juga mengangkat budaya Bengkulu di Indonesia,” tuturnya.

Untuk diketahui, 6 terbaik festival dongeng 2020, 1. Palu (Sulawesi Tangah), 2. Kalimantan Selatan, 3. Bangka Belitung, 4. Bengkulu, 5. Bangka Belitung, 6. Blora (Jawa Tengah). Acara ini diselenggarakan oleh Kemendikbud beberapa minggu yang lalu, melalui via zoom meeting. (ach)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *