Rohidin-Rosjonsyah Siap Wujudkan MM Sebagai Lumbung Pangan

Featured Pemda Provinsi Politik

RBO, BENGKULU – Masyarakat Mukomuko mendukung kepemimpinan Rohidin Mersyah sebagai Gubernur Bengkulu berlanjut pada periode berikutnya. Hal ini lantaran program pemberdayaan petani dan optimalisasi kawasan pertanian hingga strategi pasar yang digagas Rohidin, dinilai masuk akal.
Muslim, warga Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko mengungkapkan harapan para petani di wilayahnya kepada Rohidin Mersyah saat kampanye dialogis, kemarin. Selain jaminan ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani, dirinya berharap program cetak sawah bisa didukung dengan saluran irigasi. Muslim menceritakan, beberapa kebun sawit warga sudah mulai dikembalikan sebagai sawah.

“Kami setuju dan mendukung program untuk petani yang lebih komplit dari Rohidin-Rosjonsyah. Karena itu kami akan jadikan lagi pak Rohidin untuk melanjutkan memimpin Provinsi Bengkulu. Kami berharap, persoalan saluran irigasi bisa dibangun pak. Kami yakin pak Rohidin mampu karena ruas jalan yang puluhan tahun tidak diaspal, sekarang sudah hotmix,” ungkap Muslim.

Tokoh masyarakat Mukomuko, Umar mendukung keberlanjutan kepemimpinan Gubernur Rohidin dan program-programnya. Warga Desa Sumber Makmur Kecamatan Lubuk Pinang itu mengatakan, Rohidin memiliki strategi yang masuk akal dan adil untuk kesejahteraan petani. Terlebih, untuk kawasan pertanian di Mukomuko, terus didorong untuk mewujudkan daerah itu sebagai lumbung pangan.

“Program untuk kesejahteraan petani, kita lihat itu berkeadilan. Di samping itu, ada strategi pasar. Kemudian target lumbung pangan di Mukomuko, akan berdampak pada kemajuan daerah. Konsep ini sangat bagus. Tidak ada alasan untuk tidak didukung. Rakyat sejahtera, daerah maju. In sya Allah, kita pilih Rohidin coblos nomor 2, dan menang,” tutur Umar, optimistis.

Saat silaturahmi dan kampanye dialogis di Mukomuko, Rohidin sampaikan program sektor pertanian akan mewujudkan Mukomuko sebagai lumbung pangan. Dirinya yakin lantaran petani Mukomuko andal dan piawai. Ini terbukti dari produktivitas hasil pertanian per satuan lahan sudah bisa melampaui target nasional.

“Untuk beras, hasil persatuan lahan di Mukomuko ini sangat melimpah. Karena petaninya rajin dan tekun, dan lahan sesuai. Ini harus kita dukung dengan program pemberdayaan petani dan juga strategi pasar, agar produktivitas yang baik ini, diikuti dengan kualitas harga yang baik,” kata Rohidin.
Meningkatkan produktivitas pertanian, pasangan Cagub Bengkulu nomor urut 2 Rohidin-Rosjonsyah bakal melanjutkan program bantuan alat mesin pertanian yang sesuai dengan kebutuhan produksi tani. Infrastruktur sarana penunjang, juga menjadi fokus pembangunan pada periode mendatang.

“Untuk beras, Mukomuko ini produksinya melimpah. Dengan luas lahan dan jumlah produksi yang besar, alatnya juga harus lebih besar. Makanya, handtraktor tidak lagi sesuai. Bisa tracktor, atau setidaknya mini tractor. Termasuk mesin perontok padinya harus yang berkapasitas besar. Adil itu bukan berarti sama persis, tetapi sesuai,” kata alumni IPB program doktor, yang lulus tercepat dan terbaik itu.

Untuk sarana dan infrastruktur persawahan, Rohidin juga yakin bisa dibangun saluran irigasi yang memadai. Menurutnya, pembangunan infrastruktur dasar utama yakni jalan, sudah mencapai 76 persen dan hampir tuntas. Sehingga alokasinya, bisa untuk hal lain. Seperti irigasi maupun jalan sentra produksi.

“Kalau untuk pupuk, kita bangun pengepakan di Pulau Baai Bengkulu. Yang bersubsidi oleh Pusri, yang non subsidi oleh perusahaan lain. Ini selain menggerakkan ekonomi untuk penyerapan tenaga kerja, yang paling penting adalah ketersediaan pupuk bersubsidi itu benar-benar terjamin,” demikian ucap Rohidin, yang juga menjelaskan strateginya meningkatkan harga sawit dengan skema penggiringan ekspor melalui pintu gerbang Pulau Baai.(idn)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *