Prof Sudarwan : Sudah Saatnya Sekolah Kembali Dibuka

Featured Pendidikan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Menurut pengamat pendidikan di Provinsi Bengkulu, Prof. Sudarwan Danim, M.Pd terkait pembelajaran daring (online), sudah saatnya sekolah kembali menggelar tatap muka belajar di sekolah. Ini disinyalir, tidak efektifnya pembelajaran daring siswa di rumah.

“Belajar online hanya satu mode pembelajaran, yang ada di sekolah-sekolah konvensional, yang memang bukan menjadi pilihan utama. Saat ini, pembelajaran daring merupakan pembelajaran saat darurat saja. Karenanya, tidak akan seefektif belajar tatap muka,” ujar Mantan Ketua PGRI Provinsi Bengkulu, Sudarwan Danim kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Dijelaskannya, pembelajaran online bisa relatif efektif, kalau didasari dengan kesadaran belajar anak yang sudah dilevel tinggi (self-directed atau self-determined learning), atau yang disebut heutagogy. Itu pun kalau mendapatkan dukungan dari orangtua dan akses jaringan yang kuat.

“Untuk akses jaringan yang bagus, tidak banyak persoalan. Tapi, soal capaian hasil belajar ada dari sisi lain. Memang, di era Covid-19 ini, tagihan belajar siswa agaknya dikurangi,” jelasnya.

Terkait soal penilaian siswa dalam mengerjakan tugas, menurutnya ini menjadi kewenangan guru mata pelajaran masing-masing. Tapi, secara umum agaknya guru akan memoderasi penilaian, sehingga tidak terlalu ketat, tentu juga tidak terlalu longgar. “Kalau kami, memang sudah saatnya sekolah kembali dibuka secara parsial. Misalnya, masing-masing siswa belajar di sekolah 2 hari per-minggu, dengan waktu belajar diperpendek, tanpa istirahat, penerapan protokol kesehatan yang ketat,” tutupnya. (ach)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *