Tempat Wisata Bengkulu Mulai Menggeliat

Featured Pariwisata

RBO >>>  BENGKULU >>>  Selama pandemi corona melanda, semua kegiatan di pemerintahan , pendidikan ditutup oleh oleh pemerintah. Termasuk juga objek wisata yang ada di Bengkulu.  Seperti Benteng Marlbourough, rumah   pengasingan Bung Karno. Namun sejak dibuka kembali objek wisata ini, sudah mulai ada wisatawan yang datang.

”Benteng Marlbourough juga pada waktu itu sepat ditutup  sesuai dengan pemberitahuan pemerintah.  Benteng tersebut di atas tanggung jawab BPCB Jambi dan sempat  ditutup untuk sementara waktu. Namun sejak dibuka kembali beberapa waktu lalu, kini sudah bisa dikunjungi wisatawan. Wisatawan udah bisa masuk, tetap harus patuhi ketentuan pemerintah. Yaitu, ikuti prokes,” ujar petugas pramuwisata Benteng Marlborough Bengkulu, Darhania Suri (59) saat dihubungi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Meskipun protokol kesehatan ini dilakukan, tambahnya, tapi tetap ada yang masuk. Mereka ingin melihat Benteng peninggalan Inggris ini dan foto-foto di Benteng. Mereka tak masalah juga dengan aturan yang ada ini. Sebab, ini memang sudah berlaku dimana-mana.

Protokol kesehatan dari pemerintah ini diterapkan untuk semua wisatawan yang berkunjung. Ini maksudnya tidak lain dan tidak bukan agar tidak terjadi penyebaran virus corona di Benteng Marlbourough. Setiap yang masuk juga harus mengukur suhu tubuh. Suhu yang ditentukan harus di bawah 37 derajat celcius. Jika sudah 37 derajat celciua, tidak boleh masuk. ”Kemudian, arus memakai masker, mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan,” ujar Darhania Suri.

Untuk memasuki kawasan Benteng Marlbourough   ini, lanjutnya, sudah dibatasi jumlah orangnnya. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi penyebaran virus corona ini. Jika tidak sesuai peraturan kesehatan, objek wisata yang sudah dibuka ini bakal ditutup kembali.

Lebih lanjut dikatakan, wisatawan yang datang ini tidak hanya dari Bengkulu saja.  Tetapi ada juga dari luar kota Bengkulu. Seperti dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan juga dari luar pulau Sumatera  ini.

Untuk mengunjungi Benteng Marlbourough ini, wisatawan cukup bayar Rp 5000  untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak hanya bayar Rp 3000  saja per orang. Harapan Darhania Suri  semoga corona ini  cepat berlalu. Sehingga  wisatawan juga bisa bebas untuk mendatangi wisata-wisata yang ada di Bengkulu ini.

DEVI/RBO
Kunjungan wisatawan ke rumah Pengasingan Bung Karno di Anggut Atas

Sementara itu,  rumah  kediaman Bung Karno yang sempat ditutup ini juga sudah mulai ada wisatawan yang datang. Peraturannya juga sama  seperti di Benteng Marlbourough. ”Kita  juga membatasi orang memasuki  rumah  pengasingan Bung Karno ini. Harus tes suhu dulu, memakai masker dan juga cuci tangan,” ujar Satpam  w Rumah Pengasingan Bung Karno, Rio Agustianto (25) ketika dihubungi secara terpisah tadi siang.

Untuk masuk ke rumah kediaman Bung Karno ini, paparnya, wisatawan hanya bisa masuk 15-20 orang.  Karena harus mengikuti peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah. ” Semenjak pandemi corona ini,  kediaman Bung Karno buka dari jam 09.00-15.00 WIB. Sedangkan jika tidak terjadi pandemi,  dari jam 08.00-17.00 WIB,” ujar  Rio Agustianto .

Untuk memasuki kawasan rumah pengasingan Bung Karno, lanjutnya,  untuk orang dewasa dikenakan biaya masuk Rp 5000  perorang dan untuk anak-anak Rp 3000 ribu perorang.

Rio berharap   semoga saja corona cepat berlalu dan wisatawan-wisatawan. Sehingga objek wisata yang  ada di Bengkulu ini tidak ditutup kembali. Karena  semenjak corona ini objek wisata di Bengkulu ini cukup sepi.”Kalau wisatawan datang, Bengkulu tambah ramai. Kemudian, ekonomi warga main baik. (Mg-2)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.