Dikbud Akan Gelar Ujian Asesmen Bersama

Featured Pendidikan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kalau tidak ada halangan, di bulan April dan Mei 2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota akan menggelar ujian asesmen bersama atau lebih dikenal Asesmen Kompetensi Minimun (AKM). Ini sebagai pengganti ujian sekolah untuk siswa kelas VI SD, dan kelas IX SMP.

“Ya, saat ini kami sedang menyusun jadwal pelaksanaan asesmen bersama. Kami juga masih mendata siswa yang akan ikut ujian asesmen. Untuk soal ujian, guru dan pengawas juga ikut berkontribusi dalam pembuatan soal,” ujar Ketua Asesmen Dikbud Kota, Huteman Mulyadi, M.Si kepada radarbengkuluonline.com, Rabu (27/1).

Asesmen bersama tersebut, akan digelar khusus bagi siswa/siswi kelas VI dan IX se-Kota Bengkulu. Ini terdiri dari 110 lembaga SD, dan 49 lembaga SMP baik negeri maupun swasta. Namun, untuk tahap awal ini, pihaknya sedang merancang Peraturan Walikota (Perwal) dan petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan asesmen bersama tersebut. “Untuk mata pelajaran yang diujikan, siswa SMP ada enam mata pelajaran. Dan SD ada tiga mata pelajaran,” terangnya.

Disinggung bentuk soal asesmen itu, dia menjelaskan, soal ujian berupa literasi dan numerasi. Sama halnya dengan Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM diikuti oleh peserta didik, dengan tujuan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Survei karakter diikuti oleh peserta didik dan guru, untuk mengukur sikap, kebiasaan, nilai -nilai (values) sebagai hasil belajar nonkognitif. Survei Lingkungan belajar diikuti oleh kepala satuan Pendidikan, untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.

“Walaupun untuk pelaksanaan Asesmen Nasional dari Kemendikbud, diundur bulan September 2021, tapi persiapan sudah kami siapkan. Alhamdulillah, sudah 3 kali simulasi Asesmen berjalan dengan lancar.”  (ach)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.