Segera Realisasikan Usulan Desa Darat Sawah Ulu

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Ketua BPD Desa Darat Sawah Ulu Eduar Tangari meminta pemerintah untuk mangakomidir dan merealisasikan usulan desanya. “Prioritas yang kami usulkan adalah pembukaan jalan menuju sentral produksi. Pembuatan jembatan untuk mempermudah pengangkutan hasil panen. Serta pelapis tebing tanah kuburan agar tidak terjadi longsor,” kata Eduar di Kantor Desa, Rabu(27/01).

Untuk pembukaan jalan sentral produksi ini rencananya akan dibuka sepanjang 1 kilo meter. Masyarakat selama ini hanya mengangkut hasil panen menggunakan ojek motor sehingga mengeluarkan ongkos yang tinggi.
Rencananya jalan ini nanti akan dibuatkan secara permanen dan langsung dikoral. Sehingga mobil bisa masuk langsung kearea persawahan dan perkebunan masyarakat yang luasnya kurang lebih sekitar 50 hektaran.

“Kedepannya kalau jalan ini sudah ada bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Masyarakat juga minta pembangunan jembatan secara permanen sepanjang 15 meter yang bisa dilalui mobil. Selama ini hanya motor yang bisa lalui. Apalagi kondisinya saat ini sudah rusak. Masyarakat terpaksa memutar untuk mencari jalan lain untuk menuju keperkebunannya. Begitu juga pembatas tebing kuburan karena saat ini sudah ada yang longsor karena posisinya berdekatan langsung dengan aliran irigasi,” paparnya.

Tetapi untuk pembutan jembatan dan pembatas tebing kuburan, Pemerintah Desa mengucapkan terimakasih karena rencananya tahun ini akan dibangun dan masyarakat meminta hal ini jangan sampai tidak terealisasi.

“Bahkan beberapa waktu yang lalu usulan ini sudah pernah ditinjau dan diukur oleh pihak PU Bengkulu Selatan. Kalau memang betul adanya sesuai janji kami sangat bersyukur karena bisa meningkatkan kesejahtraan masyarakat, Kalau tidak cepat dibuat pembatas tebing makam yang ada akan semakin banyak longsor karena lokasinya berada diatas tebing,” harap Eduar.

Pj Kepala Desa Darat Sawah Ulu, Harlimin melalui Sekretaris Desa, Eli Hermawati mengatakan jalan sentral produksi ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Agar perekonomian masyarakat Desa Darat Sawah Ulu ini bisa meningkat, bahkan bukan hanya masyarakt Desa Darat Sawah Ulu masih banyak masyarakat diluar desa yang melaluinya sehingga masyarakat merasa kualahan untuk mengeluarkan hasil panen.

“Saat ini hanya melalui jalan setapak dan bertanah kuning. Apabila musim hujan para ojek tidak berani melaluinya karena takut terjatuh karena licin. Bahkan usulan ini sudah kami usulkan dalam e Plening selam tiga tahun berturut – turut tetapi hasilnya belum juga direalisasikan,” Pungkas Eli.(afa)

BERBAGI:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.