Muawanah Mart IAIN Bengkulu, Cara Belanja Kekinian

Featured Pendidikan

Terbuka Untuk Umum

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekarang IAIN Bengkulu menyediakan pusat belanja bagi warga kampus. Muawanah Mart hadir sebagai suatu tempat belanja kekinian. Disini menjual semua jenis kebutuhan sehari-hari. Dibuka setiap hari Senin hingga Jumat , pukul 07:00 WIB pagi sampai 18:00 WIB, berlokasi di samping ruangan BMT Al-Muawanah IAIN BENGKULU.

Dra. Fatimah Yunus, MA selaku Direktur Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Al Muawanah IAIN Bengkulu menjelaskan, berdasarkan rapat anggota tahunan (RAT) tahun 2019 yang dilaksanakan pada bulan Januari 2020, salah satu program yang diamanahkan yaitu didirikannya Muawanah Mart. Pada tahap awal BMT melaksanakan proses persiapan dari seluruh anggota BMT. Dimana barang yang dijual itu merupakan kebutuhan sehari-hari dari anggota BMT. Kemudian langkah seterusnya mereka mempertimbangkan baik itu dana, sumber daya manusia hingga mitra kerja nantinya.
” Nah untuk awalnya itu kami pada bulan Januari 2020 melaksanakan rapat anggota tahunan 2019. Kami mendapatkan amanah untuk membuka Muawanah Mart,” ungkapnya kepada radarbengkuluonline.com  saat di wawancarai di gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Bengkulu, Senin (1/3).

Lanjutnya, modal awal yang terkumpul dana BMT dan anggota BMT sekitar Rp 700.000.000. Kemudian sistem yang dilakukan yaitu bagi hasil. Setelah satu tahun berjalan, pada RAT mendatang penyerta modal akan menerima hasil dari apa yang telah diberikan pada awal pembuatan Muawanah Mart. Tak hanya itu, semua penyerta modal setiap bulannya diwajibkan agar berbelanja minimal Rp 300.000 per bulannya.

Hingga saat ini karyawan yang bekerja sebanyak tiga orang, dan merupakan alumni dari mahasiswa FEBI IAIN Bengkulu. Lalu, pembeli dari Muawanah Mart ini bukan hanya dari keluarga besar IAIN saja. Melainkan dibuka juga kepada masyarakat umum, layaknya seperti warung jualan biasanya.

” Setiap tahunnya nanti kami akan melaksanakan rapat anggota tahunan. Dimana penyerta modal akan menerima hasil keuntungan berdasarkan penjualan yang telah dilakukan,” terangnya.

Kemudian, BMT saat ini sedang mengajukan rencana peminjaman gedung baru H di depan Fakultas Syariah. Karena, barang yang dijual masih banyak belum terpajang seluruhnya di dalam ruangan. Harapannya semoga nantinnya banyak pembeli yang berkunjung dan membeli barang jualan yang ada di Muawanah Mart, sehingga Muawanah Mart bisa lebih baik dan maju lagi.

” Harapannya, masyarakat umum dan keluarga IAIN, termasuk mahasiswanya,  mari semuanya berbelanja di Muawanah Mart, agar usaha ini nantinya bisa lebih baik dan maju lagi,” tutupnya. (Mg-5)

BERBAGI: