PKL SMKN 3 Kota Bengkulu Hanya di Kota Bengkulu

Featured Pendidikan

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bengkulu, melepas 537 siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL), dengan mengusung tema ”Mewujudkan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang menjadikan generasi berkualitas, berkarakter dan mampu bersaing secara global”.

PKL tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana acara pelepasan PKL dihadiri oleh seluruh siswa kelas XI. Tahun 2021 ini acara pelepasan PKL hanya dihadiri oleh beberapa siswa perwakilan di setiap jurusan. Selain itu, seluruh hadirin baik siswa peserta prakerin maupun tamu undangan menggunakan masker. Tampak panitia dengan sigap menyiapkan sarana mencuci tangan dan hand sanitizer di pintu masuk. Hal tersebut merupakan komitmen sekolah dalam menjaga protokol kesehatan.

Kepala SMKN 3 Kota Bengkulu, Eva Yuliarzi, M.Pd mengatakan, dari jumlah seluruh siswa yang akan mengikuti prakerin sebanyak 537 siswa yang terdiri dari jurusan Tata boga/kuliner, Tata Busana, Tata Kecantikan, Teknik Komputer & Jaringan dan Seni Broadcasting dan Film.

“Jika tahun-tahun sebelumnya, sebagian siswa melaksanakan magang di luar Kota Bengkulu. Seperti di Jakarta, di Yogyakarta dan sebagainya, namun tahun ini kita fokuskan magang siswa di Kota Bengkulu,” ujar Eva Yuliarzi kepada radarbengkuluonline.com Rabu (3/3).

Meskipun begitu, Eva bersyukur bahwa PKL ini bisa dilaksanakan. Sehingga pembelajaran siswa dapat lebih optimal dan mendapatkan pengalaman di dunia industri. “Kami berpesan kepada para siswa, tetap memberikan yang terbaik. Jaga nama baik almamater sekolah saat PKL ditempat magangnya masing-masing,” pesannya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (Dikbud) Bengkulu, Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd, berpesan kepada siswa bisa mengoptimalkan dan menyerap pembelajaran di dunia industri dengan baik, sehingga mampu mewujudkan lulusan SMK yang berkualitas, berkarakter berkompeten, andal dan mampu bersaing secara global.

“Satu lagi yang paling penting, selalu taati protokol kesehatan. Selalu cuci tangan dan pakai masker,” terangnya.

Kegiatan pelepasan PKL ini, dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Drs. Buslan, M.Pd, M.S.i, Kepala Bidang PTK Multazam, M.Pd, seluruh pengawas SMK, MKKS Kota Bengkulu, dan Mitra Iduka (Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja). (ach)

BERBAGI: