Petugas Rutan Jangan Main-Main dengan Narkoba

Featured Kesehatan

Bangun Zona Integritas, Terbukti Petugas Akan Dipecat

RBO >>>  BENGKULU >>>  Bekerjasama dengan Badan Narkotika Bengkulu, Kanwil KemenkumHAM Provinsi Bengkulu beserta jajaran melakukan tes urine. Kemarin Kamis (4/3) pihaknya melakukan tes urine di jajaran Unit Rutan Malabero Kota Bengkulu. Menariknya lagi, setelah apel pihak Kakanwil KemenkumHAM Bengkulu langsung melakukan tes urine, sehingga para petugas tidak mengetahui adanya gelar tes tersebut.

Disampaikan Kakanwil KemenkumHAM Provinsi Bengkulu, Imam Jauhari, MH melalui Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Bengkulu, Ika Yusanti, yang menjadi prioritas penanganan pihaknya saat ini yakni peredaran narkoba dan pungli. “Seluruh aparat Rutan Malabero telah melakukan pemeriksaan tes urine guna mendorong zona integritas, agar menjadi satuan kerja yang WBK dan WBBM, sehingga meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas,” terangnya.

Ika juga meminta agar para petugas tidak bermain -main dengan narkoba. Apabila nantinya ada yang terbukti, maka pihaknya akan memberikan tindak tegas berupa pemecatan disiplin. “Yang menjadi amanah Kakanwil ini paling prioritas pungli dan narkoba. Oleh karena itulah,  kita melakukan sidak. Petugas tidak tahu adanya tes ini. Kalau memang dia terbukti pemakai narkoba akan kita tindak lanjuti. Apakah pemakai ataupun pengedar, sanksinya tegas yakni pemecatan,” sampainya.

Terpisah, Kepala Rutan Malabero Bengkulu Tutut Prasetyo menambahkan, ada sebanyak 65 petugas Rutan Malabero yang menjalani tes tersebut. Dirinya juga berharap agar selain petugas Rutan, warga binaan pun harus bersih dari narkoba.

“Kita berupaya tegas dalam menangani peredaran narkoba ini. Harapan kami petugas juga menjadi contoh bagi warga binaan yang ada,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Kota Bengkulu, AKBP Alexander Soeki, S.Ik mengapresiasi upaya Kemenkumham Bengkulu terhadap adanya pencegahan narkoba di jajarannya. “Ini langkah yang sangat baik. Kita mengapresiasi. Karena, tentu dengan adanya ini, maka jajaran Kemenkumham menuju program Bersinar (bersih dari narkoba.red) . Semoga nanti, seluruh jajaran lain juga dapat dilakukan tes urine,” imbuh Alex. (Bro)

BERBAGI: