Luar Biasa, KPU Provinsi Bengkulu Terima Penghargaan Nasional

Featured Politik

Darlinsyah : Kita Dapat Lima Kategori, Runner Up Tingkat Partisipasi Pemilih di Indonesia

RBO >>> BENGKULU >>>  Hebat.  Komisioner KPU Provinsi Bengkulu beserta staf dan jajarannya  menorehkan prestasi luar biasa. Sebab setelah pelaksanaan Pilkada serentak sukses, KPU Provinsi Bengkulu mendapat penilaian terbaik serta diganjar reward oleh KPU RI. “Alhamdulillah. Dalam rapat evaluasi Pemilu 2019 dan pemilihan tahun 2020, kita KPU Provinsi Bengkulu berhasil meraih lima kategori terbaik secara nasional yang diumumkan langsung oleh KPU RI,” ungkap Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si kepada  radarbengkuluonline.com Jumat (2/4).

Dijelaskan oleh mantan Ketua KPU Kota Bengkulu yang naik kelas menjadi komisioner KPU Provinsi Bengkulu tersebut, lima kategori penghargaan yang diterima oleh KPU Provinsi adalah pelaporan data DPT ke dalam Sidalih terbaik nomor satu di Indonesia. Kemudian kategori partisipasi pemilih, dengan angka partisipasi mencapai 77,73 persen saat Pilkada tahun 2020. Dimana target partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak tahun 2020, secara nasional ditetapkan sebesar 77,5 persen.

“Kita angka partisipasi pemilih melampaui target nasional. Bengkulu hanya berada satu peringkat di bawah Provinsi Sulawesi Utara yang angka partisipasi pemilihnya saat Pilkada tahun 2020 mencapai 78,72 persen. Namun dengan raihan ini, kita patut berbangga dan bersyukur, sebab saat Pilkada dilaksanakan tanggal 9 Desember lalu, kondisi cuaca di Bengkulu cukup ekstrim, tapi Alhamdulillah secara keseluruhan partisipasi kita meningkat dan melampaui target nasional.”

Kemudian tiga kategori penghargaan lainnya, lanjut Darlin. Bengkulu meraih peringkat tiga penginput hasil coklit sidalih. Lalu kategori pelaporan badan adhoc kategori besar, Bengkulu meraih peringkat satu. Terakhir Bengkulu meraih peringkat tiga kategori pelayanan dan fasilitasi kampanye.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan support dari seluruh elemen terkait maupun atas partisipasi masyarakat Bengkulu pada umumnya dalam setiap pelaksanaan pemilu yang kita laksanakan. Kedepan dengan raihan prestasi ini, pada pemilu tahun 2024, kita berharap pandemic segara berakhir, sehingga semakin meningkat kualitas tingkat penyelenggaraan, tingkat partisipasi, baik partisipasi disetiap tahapan pemilu maupun partisipasi pemilih di TPS.”  (idn)

BERBAGI: