Menuju Bengkulu Selatan Emas Berlandaskan Cinta

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penterjemah visi misi pada saat mencalon. Tujuan akhir dari RPJMD ini nanti menuju Bengkulu Selatan Emas (Elok Aman Sejahtera), berdasarkan cinta BS. Artinya; C (Cerdas) kemampuan Sumber daya manusianya (SDM), I (Integritas) orang yang bisa dipercaya, N(Inovatif) gagasan ataupun usaha, T(Teladan) keteladanan pemimpin Bengkulu Selatan mulai dari Bupati, Wakil Bupati, sampai ke Pemerintah Desa, A(Agamis) artinya berkelakuan baik sesuai dengan agama yang dianut.

Bupati Gusnan Mulyadi juga mengatakan selain dari CINTA harus mempunyai skill yang tinggi ataupun kemampuan sehingga mampu memiliki daya saing untuk itu RPJMD akan diarahkan mengerucut ke atas untuk pencapaian sebuah program kerja dan visis misi. “Kedepannya anggaran yang kita miliki bisa lebih fokus dan terarah untuk melaksanakannya, agar nanti akan ada perubahan di Sakip, terjadi perbaikan di pembelanjaan Pemerintah Daerah, dengan hasil angka kemiskinan bisa berkurang untuk mendapatkan kepuasan masyarakat atas kinerja yang kita lakukan,” kata Gusnan di Ruangannya Selasa(06/04).

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD serta memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

RPJMD memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Perangkat Daerah, program kewilayahan yang disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

“Dengan RPJMD ini, kami berharap strategi pembangunan daerah kebijakan umum dan satuan kerja perangkat daerah mampu menjalankan yang skala prioritas mulai dari teknisnya,fisik -fisik kegiatan, mulai dari indikator umumnya kegiatan ekonomi serta peningkatan kualitas SDM,” paparnya.

Untuk itu kepada seluruh OPD bahkan Pemerintah Desa harus mampu menguasai Grand Design RPJMD,dimana rencana ini nantinya akan dibuat serapi mungkin sampai ke lini paling bawah, untuk menyatukan rencana tersebut tidak ada yang namanya visi misi OPD,Camat.

Yang ada hanya visi misi Bupati Bengkulu Selatan,sehingga apa yang dilakukan OPD dan pihak kecamatan mengarah ke satu titik menyukseskan program dan visi misi yang sudah direncanakan,kalau OPD dan Camat mempunyai visi misi sendiri disinilah akan terjadi RPJMD yang amburadul. “Tujuan akhir kita menyatukan RPJMD ini dari atas sampai ke lini bawah agar seluruh kegiatan kita bisa lebih fokus,yang nantinya manfaatnya bisa dirasakan masyarakat dengan bagi meningkatnya ¬†kesejahteraan,” Pungkas Gusnan.(afa)

BERBAGI: