25 WBP Ikut Lomba Kadarkum  di Lapas Bentiring  

Featured Hukum & Kriminal

RBO >>>  BENGKULU >>>  Sebanyak 25 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Bengkulu yang terdiri dari lima regu mengikuti lomba Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) di Lapas Bentiring Kelas IIA Kota Bengkulu. Peserta merupakan terdiri dari warga binaan seluruh jajaran UPT yang ada di Lembaga Pemasyarakatan maupun Rumah Tahanan di Bengkulu. Kegiatan ini juga memperingati hari jadi Pemasyarakatan ke 57 Tahun.

  Kakanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Imam Jauhari, SH MH didampingi Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Bengkulu Ika Yusanti menerangkan, seluruh warga binaan yang ada diberikan pengetahuan hukum yang ada. “Ini lomba terkait pengetahuan aturan hukum. Selain itu juga memperingati hari Pemasyarakatan  ke 57 tahun. Selain itu warga binaan masih diberikan pembelajaran, ada pembinaan rohani dan keterampilan. Untuk Lapas anak itu diberikan pelajaran, agar mereka tidak bodoh. Agar mereka keluar mengetahui adanya ilmu hukum ini,” tegasnya kepada radarbengkuluonline.com  Senin (26/4).

    Lanjut Imam, beberapa soal terkait ilmu sosial seperti bahayanya peredaran narkoba. Ada juga terkait pertanyaan soal asimilasi bagi para warga binaan. “Untuk fokusnya ini materinya baik itu sosial juga ada. Termasuk narkotika. Selain itu asimilasi hukum itu warga binaan harus bisa menjawab,” tambahnya.

    Terpisah, Kalapas Bentiring Kelas IIa Bengkulu Ade Kusmanto menambahkan, dengan adanya lomba ini para napi diharapkan dapat lebih sadar terhadap peraturan hukum yang ada. “Mereka tetap belajar, harus mengerti apa itu ilmu hukum. Walaupun mereka didalam ini, tetapi harus tetap mengetahui perkembangan yang ada,” sampai Ade. (Bro)

BERBAGI: