Kakanwil Kemenag Minta Tingkatkan Literasi Era Digitalisasi

Featured Kota Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs. H. Zahdi Taher, M.H.I saat menjadi pembicara utama seminar nasional dengan tema “Kreativitas dan Produktivitas Literasi Masa Pandemi Era Digitalisasi” yang diadakan MTsN 1 Kota Bengkulu, melalui platfrom zoom meeting, kemarin, meminta seluruh sekolah untuk meningkatkan literasi membaca di era digitalisasi.
Kegiatan seminar ini, merupakan salah satu program Perjanjian Kerja Sama Mitra Program Bantuan Pengembangan Literasi Sekolah Tahun 2021-2026

. Dalam penyampaian materinya, Kakanwil mengatakan, bahwa kebijakan literasi nasional dan regional Kementerian Agama walaupun dunia memang tengah mengalami disrupsi di berbagai bidang, sebagai keharusan sejarah atau sunnatullah. Pada mulanya melanda dunia bisnis, sejak awal 2018, disrupsi mulai mempengaruhi perilaku komunikasi masyarakat hingga cara beragama umat.

“Ajaran agama yang pada mulanya diajarkan pihak-pihak yang otoritatif kini menjadi terbuka. Siapa saja merasa berhak menafsir agama dengan bantuan mesin pencari meski dengan ilmu yang terbatas dan parsial,” kata Kakanwil dalam materinya, Kamis (29/4).

Kemudian Kakanwil juga menyampaikan, bagaimana cara memanfaatkan literasi dalam kehidupan sehari-hari.
Seperti, menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik. Lalu, menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di sekolah maupun masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan yang dimiliki, meningkatkan kepahaman seseorang di dalam mengambil inti sari dari suatu bacaan, mengisi waktu agar lebih berguna, memberikan penilaian kritis pada karya tulis seseorang, memperkuat nilai kepribadian melalui tulisan.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu, Eza Avlenda, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Kanwil Kemenag, telah bersedia menjadi pembicara utama pada kegiatan ini atas segala bimbingan yang diberikan, sehingga sukses terlaksananya kegiatan Seminar Nasional ini. “Kami mewakili seluruh jajaran MTsN 1 Kota, mengucapkan terima kasih atas arahan materi yang diberikan. Semoga dapat memberikan manfaat yang baik untuk dunia pendidikan di madrasah dalam meningkatkan literasi di era digitalisasi,” tutupnya. (ach)

BERBAGI: