Juni, 72 Bedah Rumah Direalisasikan

Bengkulu Selatan Featured

RBO, MANNA – Tahun 2021 ini, Kecamatan Kota Manna akan mendapatkan bantuan bedah rumah. Saat ini pihaknya sedang melakukan perekrutan Tenaga fasilitator Lapangan (TPL) bahkan sampai pihaknya masih melakukan review kebagian Inspektorat tentang anggaran yang in sha Allah pada bulan Juni nanti 72 bedah rumah akan direalisasikan untuk masyarakat.

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bengkulu Selatan, Haroni,SP melalui Seksi Perencanaan Monitoring dan Evaluasi, Benni Juanda Saputra S.Kom mengatakan anggaran  dari Inspektorat nanti akan masuk ke Kasda yang berasal dari Kementrian baru nantinya akan langsung dilaksanakan.

“Karena sampai saat ini dana tersebut belum masuk ke kita(Dinas Perkim)karena tahapannya perlu direview input pengusulan baru dilaksanakan.Untuk pengerjaannya nanti kita akan melakukannya serentak 72 bedah rumah sesuai dengan SK dari SK Kumuh jadi desa – desa yang mendapatkan SK Penunjukannya SKnya  dari Kementrian,” kata Benni di ruangan nya Selasa(04/05).

Kemudian bersama pihak TPL akan melakukan survei ke wilayah yang sudah ditunjuk oleh Kementrian untuk melakukan pendataan penerimanya yang SK nya sudah ditunjuk secara langsung dari Kementrian.

Untuk pembayarannya akan dilakukan sebanyak tiga tahap mulai di bulan Juni,September dan Oktober,berdasarkan SK Kementerian untuk satu buah rumah yang mendapatkan bedah rumah mendapatkan bantuan sebesar 20 juta,apabila dengan dana tersebut belum mencukupi maka swadaya masyarakat bisa untuk menyelesaikan pembangunan tersebut.

“Dana 20 juta tersebut akan digunakan dengan melihat kondisi rumah,kalau rumahnya nanti masih dinding bata ataupun dinding papan  maka kita akan melakukan pembangunan dari awal mulai dari pondasi sampai atap,dan dilihat sebatas mana kemampuan Rp20 juta ini nanti baru diselesaikan swadaya masyarakat,”jelasnya.

Untuk bahan bangunan masyarakat tinggal mengajukan apa,nanti baru pihak Perkim akan membelikannya,dimana TPL nantinya akan membantu masyarakat untuk melakukan RAP dalam pembangunan sebuah rumah sehingga bahan yang dibelikan tidak kelebihan ataupun kekurangan dalam pengerjaan.

“Bantuan ini murni dari Kementrian PU melalui dinas Perkim berupa uang yang akan kita serahkan kepada masyarakat untuk pembelian material dan melakukan pembangunan bedah rumah.Semoga dengan bantuan ini masyarakat bisa mendapatkan rumah yang layak huni dan juga mutu kesehatan bisa didapat dengan fasilitas rumah yang dimiliki,” Pungkas Benni.(afa)

BERBAGI: